Review Spesifikasi dan Harga Zenfone AR Januari 2017

Ponselana.com – Asus merupakan salah satu brand pembuat smartphone yang memproduksi smartphone dengan kualitas tinggi. Salah satu hal yang membuat smartphone ini menakjubkan adalah smartphone ini dilengkapi dengan Tango, sebuah platform AR buatan Google yang memungkinkan smartphone ini menambahkan informasi dalam bentuk 3D dengan kamera belakang. Salah satu produk yang menggunakan Tango yaitu Asus Zenfone, penasaran kan dengan spesifikasi dan harga Zenfone AR ?

ASUS Zenfone AR merupakan smartphone kedua setelah Lenovo Phab 2 Pro yang menggunakan teknologi Tango dari Google. Selain itu smartphone ini memiliki kompatibilitas dengan Google Daydream, platform Virtual Reality dari google, yang menjadikannya memiliki Android Nougat sebagai Sistem Operasi built-in sebagai kompatibilitas platform tersebut. Hal ini juga tentu menjadikan smartphone ASUS Zenfone AR sebagai smartphone pertama yang memiliki dukungan AR sekaligus VR.

Asus zenfone ar
ASUS Zenfone AR

Hal pertama yang harus dilirik dari smartphone yang satu ini adalah prosesor dan memorinya. Memiliki chipset prosesor terbaru yaitu Snapdragon 821 tentu akan menjadikan smarpthone ini dapat menjalankan proses proses pada android nougat di dalamnya dengan sangat cepat. Sedangkan untuk RAM, ASUS tidak tanggung – tanggung membekali smartphone ini dibekali RAM sebesar 8 GB.

Untuk penyimpanan internal, ASUS Zenfone memiliki 256 GB memori internal. Hal ini mungkin dimaksudkan untuk menampung aplikasi VR dan AR yang tentunya akan memakan sumber daya yang besar. Jika anda masih kekurangan memori, maka terdapat slot microSD di bagian samping smartphone ini dengan kapasitas maksimal 256 GB, sehingga menjadikan total maksimal media penyimpanan smartphone ini 512 GB, sangat besar bukan?

Smartphone yang mendukung AR dan VR tentunya harus memiliki kamera diatas rata – rata. Oleh karena itu ASUS menanam kamera sebesar 23 MP pada smartphone ini dan ditambah fitur motion – sensing untuk kebutuhan VR. Kamera ini juga dapat merekam video dengan kualitas 4K, yang masih belum umum dimiliki smartphone keluaran tahun lalu. Untuk kamera depannya memang masih berukuran 8MP, tetapi rasanya sudah cukup untuk kebutuhan selfie dan video call.

Merasa layar IPS kurang jernih? Sebagai jawabannya ASUS menggunakan layar AMOLED pada ASUS Zenfone AR.  Ukurannya 5.2″ inch dengan kualitas resolusi WXGA(2560×1440) dan dibekali Gorilla Glass 4 sebagai layar pelindung. Untuk desainnya ASUS Zenfone AR memiliki desain futuristik dengan tekstur seperti kulit untuk bagian belakang smartphone, dan tentu saja dilengkapi tango sensor yang terletak di belakang kamera.

Artikel berhubungan:  Review Lenovo A6600 Plus - Harga dan Spesifikasi Lenovo

Kelebihan dan kekurangna ASUS Zenfone AR

Kelebihan

  • Smartphone ini memiliki prosesor berchipset Snapdragon 821
  • Memiliki layar AMOLED 5.7″ inch resolusi WQHD(1440×2560 pixel)
  • Memori internalnya variatif, mencapai 256 GB dengan 6GB sebagai ukuran RAM maksimal
  • Dukungan memori eksternal microSD maksimal 256 GB
  • Memiliki Android Nougat sebagai sistem operasinya
  • Dukungan untuk Tango dan Daydream
  • Dukungan USB-C dan fingerprint

Kekurangan

  • Baterainya hanya 3300 mAh untuk sistem hardware gahar dan kebutuhan VR seperti ini tentu boros
  • Baterainya non-removeable.
  • Meski terdapat Gorilla Glass 4 tapi tidak memiliki standar IP68 sehingga tidak tahan air

Meskipun termasuk baru dan mungkin masih belum ada di pasaran, smartphone ini diperkirakan memiliki bandrol diatas rata – rata karena fitur – fitur baru tersebut. Tapi tentu smartphone ini cocok untuk anda yang memiliki hobi dan passion dengan trend smartphone. Untuk Spesifikasinya ponselana telah mengumpulkan data dari berbagai sumber, meskipun belum ada spesfikisai detailnya namun akan ponselana hadirkan pada tabel berikut.

Spesifikasi Zenfone AR

Tahun terbit Diumumkan Januari 2017
Jaringan
  • GRRS, EDGE
  • 3G HSDPA
  • 4G LTE
  • Dual SIM, Micro/Nano SIM
Layar  Black
Warna Body  Black
Internal  32/64/128/256 GB, GB, 4/8 GB RAM
Eksternal  microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
OS  Android OS, v7.0 (Nougat)
CPU  Quad-core (2×2.35 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo)
GPU  Adreno 530
Sensor  Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Kamera Belakang  23 MP, f/2.0, OIS (4-axis), 3x zoom, phase detection autofocus, depth & motion tracking sensors
Kamera depan  8 MP, f/2.0, 1080p
GPS  Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Baterai  Non-removable Li-Ion 3300 mAh battery
Harga Baru  —
Harga Bekas  —