Review dan Harga Sony Xperia XZ Januari 2017

Ponselana.com – Di penghujung September 2016 lalu Sony telah merilis smartphone high end terbaru, yaitu Sony Xperia XZ. Smartphone yang satu ini memiliki harga yang tinggi, tetapi dibekali dengan prosesor berchipset Kryo terbaru dan berbagai fitur yang sangat mumpuni. Nah, artikel kali ini ponselana.com akan mengulas hardware dan spesifikasi dari smartphone gahar yang satu ini.

Dihadirkan dengan case metalik dan warna mewah Mineral black, Platinum, Forest blue, Deep pink smartphone ini termasuk smartphone yang stylish. Adapun untuk ukuran fisiknya, Sony Xperia memiliki ukuran 146 x 72 x 8.1 mm dengan berat 161 g menjadikan smartphone canggih ini termasuk smartphone yang ringan.

Sony Xperia XZ
Sony Xperia XZ

Untuk ukuran layar , smartphone ini memiliki layar IPS LCD capacitive touchscreen ddan dapat menampilkan16M warna. Layar tersebut memiliki resolusi 1080 x 1920 pixels sehingga anda tidak perlu kuatir ketika menonton video kualitas HD. Untuk perlindungan layar, sony telah membekali Sony Xperia dengan Corning Gorilla Glass meski belum diketahui jenis Gorilla Glass yang dipakai.

Adapun keunggulan dari Sony Xperia XZ terletak pada kameranya yang memiliki resolusi tinggi. Untuk kamera belakang terdapat kamera sebesar 23 MP, f/2.0, 24mm dengan fitur EIS (gyro), phase detection and laser autofocus, LED flash menjadikan kebutuhan fotografi sangat memadai. Kamera belakangnya pun tidak kalah tinggi, yaitu 13 MP. Hal ini tentu menjadikan anda bisa melakukan video call dengan kualitas tinggi. Salah satu kelebihan lain dari smartphone ini adalah smartphone ini dapat membuat anda merekam video dengan kualitas 4K.

Foto dan video berkualitas tinggi tentunya memakan memori yang besar. Terlebih lagi aplikasi yang tersedia pada playstore sekarang sangat menguras sumberdaya memori. Tetapi anda jangan kuatir, karena sony membekali smartphone ini dengan dua pilihan, yaitu 32 GB memori internal dengan slot eksternal yang support microSD, hingga 256 GB (dedicated slot) dan 64 GB memori internal dengan slot eksternal  256 GB pada slot kedua untuk edisi dual slot.

Namun sangat disayangkan, dengan spesifikasi demikian smartphone yang satu ini masih mengusung Android Marshmallow sebagai sistem operasi built-innya. Kekurangannya yang lain terdapat pada baterai, yang memiliki ukuran 2900 mAh dan non-removeable, sehingga mengakibatkan smartphone ini cukup boros dalam mensuplai hardware hardware gahar di dalamnya.

Artikel berhubungan:  Review dan Harga Lenovo P2, Smartphone dengan Baterai Super Besar

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia XZ

Kelebihan

  • Hardwarenya gahar, dimulai dari prosesor Quad-core (2×2.15 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo)
  • Layar 5.2″ inch dengan dimensi 1080 x 1920 pixels (~424 ppi )
  • Kamera 23 MP, f/2.0, 24mm dengan fitur  phase detection dan laser autofocus, LED flash
  • Kamera belakang 13 MP
  • Bisa merekam video kualitas 4K

Kekurangan

  • Cepat Panas, seperti smartphone sony lainnya.
  • Baterai hanya 2900 mAh untuk hardware spesifikasi high end, sangat boros.
  • Baterai non-removeable.
  • Meski belum rilis untuk harga di indonesia, dengan spesifikasi hardware demikian tentu harganya diatas rata-rata.

Demikian ulasan dari salah satu smartphone terbaru keluaran sony, Sony Xperia XZ. Dengan spesifikasi demikian, sudah tentu smartphone ini memiliki harga yang tinggi. Namun apabila anda adalah seorang yang memiliki kebutuhan untuk mengerjakan berbagai hal, tentunya smartphone ini menjadi solusi untuk anda. Adapun spesifikasi dari smartphone Sony Xperia XZ akan ponselana lampirkan pada tabel berikut:

 

Spesifikasi Sony Xperia XZ

Tahun terbit  Available. Released 2016, October(India)
Jaringan
  • GRRS, EDGE
  • 3G HSDPA
  • 4G LTE
  • Dual SIM, Micro/Nano SIM
Layar  IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, 5.2 inches (~70.9% screen-to-body ratio)
Warna Body  Mineral black, Platinum, Forest blue, Deep pink
Internal  32/64 GB, 3 GB RAM
Eksternal microSD, up to 256 GB (dedicated slot) – single SIM & microSD, up to 256 GB (sim 2 slot) – dual SIM
OS  Android OS, v6.0.1 (Marshmallow), upgradable to v7.0 (Nougat)
CPU  Quad-core (2×2.15 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo) + chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820
GPU Adreno 530
Sensor  Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, barometer, compass, color spectrum
Kamera Belakang  23 MP, f/2.0, 24mm, EIS (gyro), phase detection and laser autofocus, LED flash,
Kamera depan 13 MP
GPS  Yes, with A-GPS, GLONASS/ BDS (region dependent)
Baterai  Non-removable Li-Ion 2900 mAh battery
Harga Baru  —
Harga Bekas  —