Tech News

Kurang Cepat Dengan 4G? Akan Segera Hadir Network 5G

Ponselana.com – Network 5G. Tampaknya teknologi networking berkembang sangat cepat. Mulai dari jaringan 2G yang berkembang beberapa tahun lalu, kini tanpa terasa kita telah memasuki era jaringan 4G yang memiliki kecepatan tinggi, jauh berkali-kali lipat. Walau begitu, kebutuhan akan kecepatan jaringan yang tinggi selalu bertambah sering waktu. Pada artikel kali ini, ponselana.com akan beruusaha mengulas tentang jaringan 5G.

Kemunculan Jaringan 5G

Diperkirakan akan lahir sekitar tahun 2020, kini jaringan 5G masih dalam proses pengembangan. Mungkin tiga tahun merupakan waktu yang terlihat lama, walaupun kemunculan 5G terbilang cepat jika dibandingkan perkembangan sistem jaringan sebelumnya.

Adapun kemunculan dari jaringan 5G ini merupakan jawaban dari masalah kebutuhan akan transaksi data yang cepat. Mulai banyaknya smartphone dan perangkat komputer yang memiliki ukuran file yang besar hingga video streaming dengan kualitas tinggi tidak akan dapat ditangani oleh jaringan pendahulunya. Apalagi jaringan 5G rencananya akan diimplementasikan pada peralatan sehari – hari seperti mobil, drone, tv, dan masih banyak lagi.

Kecepatan dan Keunggulan 5G

kecepatan 5g
kecepatan 5g

Untuk masalah kecepatan tidak perlu diragukan. Dengan kecepatan 100 hingga 1000 Mbps untuk 4G , anda dapat menikmati video berkualitas 4K dari youtube. Nah, dengan 5G anda mungkin bisa menikmati kualitas video yang lebih tinggi, serta kecepatan download super sebesar 10.000 Mbps.

Kecepatan tersebut diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan multi-device, sebab kedepan nanti transaksi data tidak hanya dibutuhkan oleh smartphone, tetapi device-device lain yang terhubung dengan internet. Kelak, kecepatan 5G juga diperkirakan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan aplikasi dan device yang digunakan.

Meski demikian, jaringan 5G ini masih dalam tahap pengembangan dan dinilai belum stabil dan dapat segera diimplementasikan oleh market provider. Hal ini dikarenakan, selain kecepatan, kestabilan data dirasa perlu dalam pemenuhan market.

Kendala Dalam Pengembangan

Meskipun memiliki kecepatan luar biasa hingga fitur unik seperti pengendalian terhadap device, tetapi jaringan 5G bukan berarti tidak mengalami kendala dalam tahap perencanaan dan implementasinya kelak.

Selain pada proses pengembangan, dimana developer berusaha mencapai kestabilan data transaksi, diperkirakan beberapa wilayah akan mengalami proses yang lama dalam mengadaptasi jaringan 5G.

Salah satu faktor penyebabnya antara lain karena masih banyaknya user yang menggunakan 2G sebagai jaringan komunikasi seperti media telfon dan sms. Diperkirakan beberapa negara, salah satunya Thailand sudah melarang jaringan 2G pada negaranya untuk mempersiapkan masuknya jaringan 5G.

Bagaimana, menarik bukan jika bisa menikmati jaringan 5G dengan kecepatan super tinggi? Terlebih lagi sistem 5G akan dirancang memiliki kompatibilitas untuk berbagai perangkat device. Meski demikian, kita harus bersabar menunggu beberapa tahun atau bahkan lebih lama karena pengembangan network coverage untuk jaringan high speed ini. Kira – kira kapan ya 5G masuk ke Indonesia?

Leave a Reply