Aplikasi Penghemat Baterai untuk Smartphone

Ponselana.com Mungkin ketika melakukan surfing di internet seringkali kita menemukan iklan tentang aplikasi penghemat baterai untuk smartphone. Meski demikian, terkadang aplikasi yang tampak pada iklan berisi adware yang bila ikut terinstall sudah tentu mengganggu kenyamanan browsing, atau bahkan terdapat malware dalam aplikasi yang dapat merusak smartphone anda secara perlahan. Untuk itu pada kesempatan kali ini ponselana.com akan menghadirkan beberapa aplikasi penghemat baterai yang reccomended untuk diinstall pada smartphone anda.

1. Battery Doctor

Battery Doctor - Aplikasi penghemat baterai smartphone
Battery Doctor – Aplikasi penghemat baterai smartphone

Platform : Android & iOS

Free Version: Yes

Pro Version: No

Battery Doctor merupakan aplikasi terbaik penghemat baterai smartphone pilihan ponselana. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat banyak. Mulai dari 1-tap maintenance, task-killer untuk membunuh aplikasi yang memakan baterai, hingga pengaturan jadwal mode penghematan.

Dengan interface yang sederhana namun kaya fungsi, sudah tentu aplikasi yang satu ini wajib terinstall pada smartphone anda untuk ketahanan baterai yang lebih lama.

2. DU Battery Saver

DU Battery Saver - Aplikasi penghemat baterai smartphone
DU Battery Saver – Aplikasi penghemat baterai smartphone

Platform : Android & iOS

Free Version: Yes

Pro Version: No

Aplikasi yang satu ini mirip dengan Battery Doctor dan telah diinstall lebih dari empat ratus juta pengguna smartphone android di playstore. Selain android aplikasi ini juga kompetibel dengan iPhone dan dapat anda unduh di apple store.

Tampilan dari DU Batery Saver simpel dan sederhana. Anda juga bisa memasang beberapa variasi widget dari aplikasi ini pada homescreen anda. Adapun yang menarik dari aplikasi ini adalah Cooler Phone, dimana aplikasi ini dapat menjaga smartphone anda dari overheating dengan memberhentikan aplikasi ketika aplikasi tersebut memakan terlalu banyak sumber daya CPU.

3. Juice Defender – Battery Saver

Juice Defender - Aplikasi penghemat baterai smartphone
Juice Defender – Aplikasi penghemat baterai smartphone

Platform : Android & iOS

Artikel berhubungan:  Aplikasi Terbaik untuk Sang Buah Hati

Free Version: Yes

Pro Version: Yes(Juice Defender – Batterys Saver Ultimate IDR 80.000,00-)

Juice Defender merupakan aplikasi pengelola baterai yang dapat menghemat penggunaan baterai smartphone anda. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari tujuh juta pengguna smartphone android di playstore. Dengan aplikasi ini anda dapat mengontrol komponen smartphone yang mengkonsumsi baterai seperti koneksi 3G/4G dan koneksi wifi.

Adapun fitur lain pada aplikasi memperbolehkan anda untuk mengontrol berbagai pemakaian baterai secara manual dan otomatis. Dengan fitur otomatis pada aplikasi ini smartphone anda lebih tahan lama hanya dalam satu klik.

4. Avast Battery Saver

Avast Battery Saver - Aplikasi penghemat baterai smartphone
Avast Battery Saver – Aplikasi penghemat baterai smartphone

Platform : Android

Free Version: Yes

Pro Version: Yes

Tidak hanya antivirus, Avast kini menghadirkan produk berupa penghemat baterai smartphone. Ya, Avast Battery Saver ini merupakan aplikasi yang dibuat Avast untuk menghemat baterai anda. Telah diunduh lebih dari sepuluh juta pengguna, aplikasi ini dapat bekerja di belakang layar dan mengurangi pemakaian baterai hingga 20% lebih.

Demikian ulasan ponselana.com tetang aplikasi penghemat baterai smartphone. Sebenarnya aplikasi – aplikasi tersebut tidak berpengaruh banyak dalam penghematan baterai. Terlebih lagi pada android nougat dan marshmallow terdapat fitur untuk mengatur dan melihat aplikasi – aplikasi yang memakan baterai banyak pada smartphone anda. Meski demikian, jika smartphone anda masih menggunakan sistem operasi versi lama seperti Kitkat dan Lolipop, aplikasi – tersebut mungkin memiliki manfaat tersendiri.