Aplikasi Penerjemah Bahasa Untuk Smartphone

Ponselana.com Komunikasi dan bahasa merupakan kebutuhan yang essensial dalam kehidupan manusia. Dalam bersosialisasi, terkadang kita menggunakan satu atau lebih bahasa saja yang dapat dimengerti satu sama lain. Kini seiring berkembangnya teknologi, kebutuhan akan multi bahasa semakin tinggi. Dulu orang – orang membutuhkan kamus atau waktu belajar yang lama untuk menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lain. Akan tetapi dengan hadirnya smartphone canggih dan aplikasi penerjemah bahasa untuk smartphone, tentu menerjemahkan suatu kata atau kalimat untuk berbagai kebutuhan akan menjadi hal yang mudah. Berikut ini kami hadirkan beberapa pilihan aplikasi penerjemah bahasa yang bisa anda install pada smartphone anda.

1. Google Translate

Google Translate - aplikasi penerjemah bahasa
Google Translate – aplikasi penerjemah bahasa

Platform: Android , iOS

Versi Gratis: Yes

Versi Premium: No

Jika teman anda mengatakan pada anda untuk bertanya pada google, maka tanyakanlah pada google. Ya, selain sebagai search engine google juga menyediakan penerjemah bahasa. Mungkin bagi anda tentu hal ini bukan hal baru, tetapi google translate juga bisa diinstal pada smartphone sebagai aplikasi.

Sebagai perusahaan yang besar tentu google tidak tanggung tanggung memperkaya fitur aplikasi yang satu ini. Untuk teks terdapat 103 bahasa yang bisa diterjemahkan. Anda juga bisa menulis dan mengambil foto untuk diterjemahkan oleh google translate. Jika anda tidak terhubung dengan internet, maka terdapat 52 bahasa yang bisa digunakan.

2. iTranslate

iTranslate - aplikasi penerjemah bahasa
iTranslate – aplikasi penerjemah bahasa

Platform: Android , iOS

Versi Gratis: Yes

Versi Premium: Yes(pembelian dalam aplikasi)

Ingin menjadi kamus berjalan? Maka anda harus menginstall aplikasi penerjemah bahas yang satu ini. Ya, itrasnslate besutan developer dengan nama yang sama “itraslate” ini telah diunduh sangat banyak pengguna dan memiliki rating 4.4. Selain itu aplikasi ini pernah mendapatkan berbagai penghargaan.

Artikel berhubungan:  3 Aplikasi Cleaner Terbaik yang Wajib Ada pada Smartphone Anda

Keunggulan dari aplikasi ini antara lain terjemahan bahasa hingga 90+ bahasa untuk teks, dapat menerima input suara, dan dapat mengeluarkan output suara, sehingga akan sangat praktis bagi anda yang bingung menerjemahkan bahasa dengan tulisan.

3. Microsoft Translator

Microsoft Translator - aplikasi penerjemah bahasa
Microsoft Translator – aplikasi penerjemah bahasa

Platform: android, iOS

Versi Gratis: Yes

Versi Premium: No

Aplikasi penerjemah buatan microsoft ini adalah salah satu aplikasi penerjemah yang terbaik. Sayangnya aplikasi ini mungkin lebih menyenangkan untuk hardware bersistem operasi iOS meskipun bisa diinstall pada android.

Sebetulnya anda dapat menginstall aplikasi ini pada berbagai hadware seperti iPhone dan iPad , aplikasi ini juga memiliki kompatibilitas dengan beberapa smartwatch. Untuk fitur aplikasi ini antara lain menerjemahkan percakapan secara real-time untuk dua orang atau lebih, dan pilihan terjemahan bahasa yang mencapai 60 bahasa.

4. Easy Langnuage Translator

Easy Language Translator aplikasi penerjemah bahasa
Easy Language Translator aplikasi penerjemah bahasa

Platform: Android

Versi Gratis: Yes

Versi Premium: No

Aplikasi yang dibuat oleh Nyxcore ini telah diunduh lebih dari sepuluh juta pengguna dan memiliki rating 4.3. Tentunya hal tersebut bukan tanpa sebab. Pasalnya di dalam aplikasi ini terdapat banyak fitur seperti perbaikan teks secara otomatis, terjemahan teks, terjemahan suara, bahkan terjemahan pidato.

Di dalam aplikasi Easy Language Translator juga terdapat 70 jenis bahasa, mulai dari bahasa internasional seperti Inggris, Perancis, Jerman, Jepang hingga bahasa lokal seperti bahasa Jawa. Dengan tampilan grafis yang simpel tentunya aplikasi ini akan sangat mudah untuk anda gunakan.

Itulah beberapa aplikasi penerjemah bahasa untuk smartphone. Tentunya aplikasi tersebut akan sangat membantu anda dalam berkomunikasi atau mengerjakan tugas. Meskipun aplikasi tersebut terbilang praktis, namun akan lebih baik lagi jika anda mengasah kemampuan berbahasa anda dengan pembelajaran konvensional seperti kursus.